Selasa, 02 April 2013

Tanaman Hias Bermanfaat untuk Obat-obatan


Banyak tanaman hias yang kita jumpai di pekarangan rumah, dan ternyata tumbuhan obat pun bisa dijadikan tanaman hias. Banyak pula orang tak menyangka bahwa jenis-jenis tanaman di pekarangan rumahnya atau di taman-taman kota memiliki fungsi sebagai bahan obat alami.

Upaya pelestarian tumbuhan obat Indonesia, salah satu cara memiliki tanaman sendiri di rumah sekaligus dapat digunakan sebagai tanaman obat. Karena itu, mengenalkan beberapa jenis tumbuhan obat sebagai tanaman hias, baik indoor maupun outdoor dengan tujuan memberikan kesadaran pentingnya pelestarian tumbuhan obat, sekaligus pengembangan potensi sebagai tanaman hias di pekarangan, taman, atau di dalam rumah, dan gedung-gedung perkantoran.
Salah satu penyuka tanaman hias sekaligus obat, Fenni, 34, mengaku menyukai tanaman hias sekaligus dapat dijadikan tanaman obat-obatan sudah dilakukan semenjak duduk di bangku SMA, yang meneruskan hobi sang ibunda.
“Saya dari zaman SMA sudah suka menanam berbagai tanaman yang sekaligus bisa dijadikan obat. Ibu saya yang mengajarkan dan mengenalkan berbagai macam tanaman, hasilnya juga sangat memuaskan, baik untuk dikonsumsi sendiri ataupun hanya sekadar menikmati tanaman di halaman rumah,” jelasnya kepada Rakyat Kalbar, Sabtu (29/9).
Menurutnya, tidak saja untuk dinikmati sendiri, banyak teman, kerabat, bahkan teman kerjanya yang memerlukan tanaman hias sekaligus obatnya untuk beberapa penyakit sehingga dengan senang hati ia berikan secara cuma-cuma tanaman yang diperlukan.
“Awalnya saya beri ke teman saya, tapi karena sudah banyak yang tahu, lama-lama mereka beli. Jadilah saya jual tapi hanya orang yang saya kenal saja. Karena saya sayang dengan tanaman-tanaman ini, terkadang jarang sekali ditemukan,” jelasnya tersenyum.
Tanaman yang banyak dicari orang, menurut wanita cantik ini seperti sirih merah, mahkota dewa, daun kumis kucing, dan masih banyak lainnya.
Tanaman hias ini terdiri dari berbagai jenis bunga dan tanaman unik lainnya. Tanaman hias banyak digunakan untuk mempercantik halaman karena halaman akan tampak sangat cantik ketika tanaman hias seperti mawar, melati, anggrek, dan tanaman bunga lainnya sedang berbunga.
Tanaman buah sekarang ini juga ada yang digunakan sebagai tanaman hias. Tanaman buah sekaligus tanaman hias ini lebih multifungsi. Contoh tanaman buah sekaligus tanaman obat ini adalah tomat, anggur, dan buah naga. Tanaman tomat memiliki daun yang cantik dan ukurannya tidak terlalu besar. Sedangkan tanaman anggur merupakan tanaman merambat yang dapat kita bentuk dengan memberinya rambatan. Tanaman buah naga sendiri memiliki bentuk yang sangat unik hampir seperti kaktus karena tidak memiliki daun.
Tanaman hias tidak hanya terdiri dari tanaman yang memiliki bunga indah saja. Tanaman buah dan tanaman obat pun dapat digunakan untuk mempercantik taman dan halaman. Keberagaman tanaman yang terdapat di taman atau halaman juga akan menambah keindahan. 

sumber : http://ans-tanaman.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar