Selasa, 02 April 2013

Kiat Merawat Anggrek Untuk Pemula



Gambar: iVillage
Bunga yang cantik ini memang mudah untuk meraih hati banyak orang. Bunganya yang indah dengan warna-warna yang memikat cocok untuk menjadi hiasan di rumah maupun di halaman Anda. Merawat tanaman anggrek memang gampang-gampang susah. Jika Anda adalah pemula yang baru saja terpikat untuk memelihara tanaman ini, ada 10 kiat yang bisa Anda lakukan untuk membuat tanaman ini tetap memancarkan keindahannya.

Cari tanaman dengan beberapa kuncup tertutup
Tanaman anggrek yang seluruh kelopaknya mekar secara sempurna memang terlihat lebih indah, tapi jika Anda sedang membeli tanaman ini, ada baiknya jika memilih tanaman dengan beberapa kuncup yang masih tertutup. Bunga-bunga anggrek memang bertahan cukup lama. Mereka bisa bertahan hingga empat minggu. Namun jika Anda membeli anggrek kelopaknya sudah mekar semua, maka ketika tiba di rumah, bunga-bunga ini mungkin hanya akan bertahan selama seminggu, karena Anda tidak tahu berapa lama anggrek itu berada di tempat si penjual sebelum akhirnya tiba di tangan Anda. Dengan membeli anggrek yang beberapa kuncupnya masih tertutup, Anda akan memiliki jaminan bahwa bunga itu akan mekar untuk Anda.

Jangan beri terlalu banyak air
Salah satu kesalahan yang biasa dilakukan oleh para pemula adalah memberikan anggrek mereka terlalu banyak air. Air yang terlalu banyak akan membuat akar tanaman ini mati, yang berujung pada matinya tanaman. Anggrek bukanlah tanaman yang membutuhkan banyak air, ia membutuhkan ruangan dengan udara yang cukup agar akarnya bisa bernapas. Cukup beri anggrek air ketika media tanamnya terlalu kering.
Beri cukup cahaya
Pastikan Anda memberikan anggrek cahaya yang cukup. Sebagian besar permasalahan para pemula adalah mereka tidak memberikan cahaya yang cukup dan tidak bisa membuat tanaman ini berbunga. Kesalahan terbesar mereka adalah memberi terlalu banyak air dan tidak memberi cukup cahaya. Kenali latar belakang anggrek yang Anda beli, untuk tahu penanganan yang sesuai. Banyak anggrek yang hidup di pohon dan harus memiliki cukup udara di sekitar akar mereka. Sementara yang lainnya hidup di bebatuan yang kering ataupun di tanah.

Periksa secara teratur
Ambil tanaman Anda satu per satu setidaknya selama dua minggu sekali, lalu periksa secara teliti. Jika ia membutuhkan perhatian khusus, maka lakukanlah dengan segara. Jika ada serangga di sana, asumsikan bahwa tanaman sebelahnya pun memilikinya, meski Anda tidak melihatnya sendiri.

Bergabung dengan pecinta anggrek lainnya
Cara terbaik untuk merawat anggrek-anggrek Anda adalah dengan bergabung bersama komunitas pecinta anggrek. Bergabung dengan komunitas ini akan membuat Anda tahu banyak tentang anggrek dan cara perawatannya.
Pilih pot yang sesuai
Jangan memilih pot yang terlalu besar. Cari pot yang mampu menampung akar tanaman Anda, bukan ukuran daunnya.
Jangan hanya menanti bunganya berkembang
Ketika membeli tanaman baru, jangan hanya berfokus pada bunganya saja. Perhatikan juga daun, akar, dan kesehatan tanaman secara keseluruhan.

Waktu adalah segalanya
Khususnya ketika memberi air pada anggrek kesayangan Anda. Siram anggrek Anda setiap pagi, karena tanaman lebih rentan ketika mereka masih dalam keadaan basah ketika suhu udara turun di kala malam.

Sabar, sabar, dan sabar
Bersabarlah. Ingat, bahwa orang yang ahli dalam perawatan anggrek adalah mereka yang telah membunuh ribuan anggrek.
Anggrek memang tanaman yang membutuhkan kesabaran. Di satu saat Anda bisa menikmati keindahan eksotis bunganya yang mekaar dengan sempurna, tapi di saat lain Anda harus menghadapi ranting yang berubah menjadi coklat dan daun-daun yang rontok. Yang perlu Anda ingat adalah dua aturan utama dalam merawat anggrek: cahaya matahari pagi dan air yang cukup. Tempatkan anggrek Anda di jendela yang menghadap ke timur atau selatan, dan ingat untuk menyiramnya sekali saja ketika ia mulai mengering (Anda bisa mengetesnya dengan jari). Dengan mengikuti panduan di atas, bersiaplah untuk mendapatkan anggrek yang sehat dan juga indah, yang akan menghiasi rumah Anda.


sumber : http://www.mizan.com/news_det/10-kiat-merawat-anggrek-untuk-pemula.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar